Tahu Tidak, Kalau Alpukat Bisa Menjadi Teman Ibu Hamil lhoo…

Asupan makanan yang tepat sangat penting selama kehamilan untuk mendukung tumbuh kembang janin serta kesehatan ibu hamil. Alpukat adalah makanan yang enak untuk dipertimbangkan karena nilai gizinya yang bervariasi.

Alpukat mengandung serat, lemak baik, vitamin, mineral, dan komponen tumbuhan, yang bermanfaat bagi wanita dan bayinya baik dikonsumsi selama trimester pertama atau selama kehamilan.

 

Apa Saja Manfaat Kandungan Alpukat Bagi Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil di trimester pertama:

  • Alpukat mengandung banyak serat
    Serat diperlukan untuk kesehatan yang baik selama kehamilan. Faktanya, serat sangat penting untuk menjaga pergerakan usus yang baik. Mengonsumsi makanan kaya serat saat hamil, seperti alpukat, dapat membantu meminimalkan risiko diabetes gestasional dan preeklamsia.
    Ada persentase wanita hamil yang kekurangan asupan serat dalam kondisi tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi setengah buah alpukat (100 gram), yang mengandung lebih dari 7 gram serat dan menyediakan sekitar seperempat dari jumlah serat harian minimum yang direkomendasikan, tepatnya 28 gram, selama kehamilan.

  • Mencegah insomnia saat kehamilan
    Beberapa orang menghindari makan alpukat karena mengandung lemak, namun perlu Anda ketahui bahwa lemak pada alpukat adalah lemak baik, bukan lemak jenuh!
    Kandungan lemak sehat sangat penting selama kehamilan. Lemak sehat tidak berbahaya. Alpukat mengandung lemak bermanfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, dan membuat Anda kenyang di antara waktu makan.

  • Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
    Alpukat dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain protein dan kalori secara keseluruhan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Wanita hamil misalnya, membutuhkan lebih banyak asam folat, magnesium, dan vitamin C dibandingkan wanita tidak hamil. Alpukat merupakan sumber terkonsentrasi dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi selama kehamilan, seperti vitamin C, asam folat, dan magnesium.
    Pentingnya asam folat dalam perkembangan janin meningkatkan kebutuhan vitamin ini selama kehamilan. Selama kehamilan, 100 gram alpukat, atau setengah buah alpukat, dapat memenuhi sekitar 14% kebutuhan asam folat harian Anda.

  • Menjaga tekanan darah yang sehat
    Alpukat mengandung magnesium dan potasium yang tinggi, keduanya diperlukan untuk menjaga tekanan darah yang baik. Mengonsumsi makanan kaya kalium seperti alpukat selama kehamilan dapat membantu meminimalkan kemungkinan terkena hipertensi gestasional.
    Menurut penelitian terhadap 263 wanita hamil, mereka yang mengonsumsi 250 hingga 300 miligram (mg) lebih banyak potasium per hari mengalami penurunan kemungkinan terkena tekanan darah tinggi selama kehamilan.
    Alpukat memiliki kandungan potasium yang tinggi. Setengah buah alpukat (100 gram) mengandung 485 miligram potasium. Alpukat juga kaya akan magnesium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah.

  • Sumber Antioksidan
    Antioksidan adalah zat bermanfaat yang melindungi sel dari bahaya dan mungkin bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum. Alpukat kaya akan antioksidan, terutama lutein, karotenoid. Lutein merupakan antioksidan yang penting untuk perkembangan fungsi mata dan otak bayi. Karena lutein adalah molekul yang larut dalam lemak, penyerapannya lebih efektif dari alpukat dibandingkan dari buah atau sayuran rendah lemak lainnya yang mengandung lutein.
    Alpukat, selain lutein, mengandung berbagai antioksidan tambahan seperti, Zeaksantin, Karoten (beta), vitamin C
    ASI mengandung antioksidan karotenoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Tingkatnya sangat terkait dengan konsumsi ibu. Mengkonsumsi lebih banyak alpukat saat menyusui akan membantu meningkatkan kandungan karotenoid ASI yang penting untuk tumbuh kembang bayi.

  • Cemilan Sehat untuk Menunda Lapar
    Saat hamil, penting untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh agar ibu dan bayi yang dikandungnya tetap sehat. Sangat penting untuk memilih makanan atau camilan bergizi selama kehamilan saat Anda lapar.
    Oleh karena itu, mengonsumsi alpukat sebagai camilan di antara waktu makan adalah ide yang bagus. Alpukat tidak hanya menyehatkan, tetapi juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu Anda menghindari makan berlebihan selama kehamilan.
    Alpukat kaya akan serat dan lemak baik, yang dikaitkan dengan peningkatan sensasi kenyang. Mengonsumsi alpukat juga dapat membantu Anda mempertahankan energi sepanjang hari dan menjaga berat badan yang sehat, yang penting untuk kesehatan Anda dan bayi Anda.

  • Menjaga Tingkat Gula Darah Sehat Selama Kehamilan
    Menjaga kadar gula darah dan lipid dapat membantu ibu menjalani kehamilan yang sehat dan aman. Konsumsi alpukat dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, mengatur kadar gula darah, dan menurunkan risiko kesulitan kehamilan. Alpukat rendah karbohidrat dan tinggi serat serta lemak sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk wanita hamil dengan riwayat gula darah tinggi atau diabetes.