Persalinan Normal atau Caesar, Mana yang Lebih Aman untuk Persalinan Pertama?

Untuk kehamilan pertama, persalinan normal lebih direkomendasikan daripada operasi caesar lainnya, meskipun operasi caesar umumnya dianggap aman dan dalam beberapa situasi dianggap minim risiko. Ini karena melakukan operasi caesar pada kehamilan pertama meningkatkan risiko melahirkan dengan operasi caesar di kehamilan berikutnya.

Jika persalinan caesar dilakukan pada kehamilan pertama, penting untuk mempertimbangkan kemungkinan menjalani persalinan caesar secara normal pada kehamilan berikutnya. Ini karena persalinan normal dapat membuka sayatan caesar yang sudah lama tertutup yang akan terbuka pada kehamilan berikutnya.

 

Kenapa Persalinan Normal Lebih Disarankan

Studi menunjukkan bahwa jika kehamilannya dianggap tidak berisiko, ibu hamil disarankan untuk melakukan persalinan normal. Dokter kandungan hanya akan melakukan operasi caesar jika ada risiko komplikasi persalinan. Kesehatan ibu setelah operasi caesar dapat berubah. Berikut beberapa efeknya:

  • Infeksi luka yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan, rasa sakit yang lebih besar, dan keluarnya cairan dari luka.
  • Gejala infeksi pada lapisan rahim termasuk demam, sakit perut, keputihan yang tidak normal, dan pendarahan vagina yang signifikan.
  • Perdarahan yang berlebihan meskipun kondisi ini jarang terjadi, pasien memerlukan transfusi darah. Pada kasus yang parah, operasi mungkin diperlukan untuk mencegah pendarahan.
  • Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah keadaan di mana bekuan darah muncul di kaki. Ini sangat sakit dan bengkak, dan bisa sangat berbahaya jika berjalan ke paru-paru.
  • Kerusakan pada saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih, juga dikenal sebagai kandung kemih, mungkin memerlukan pembedahan tambahan.

Selain menimbulkan risiko bagi ibu, operasi caesar terkadang dapat menyebabkan masalah pada bayi, seperti masalah bernapas. Ini biasanya terjadi pada bayi yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan.

Ada batasan untuk kelahiran caesar sebanyak tiga kali. Meskipun demikian, pilihan persalinan konvensional yang tidak melibatkan operasi caesar terlalu berisiko. Misalnya, jika bayi terlalu besar, jika panggul ibu kecil, atau jika bayi letak lintang atau sungsang, maka proses melahirkan tidak akan berhasil.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk cek kesehatan kandungan, info atau saran seputar kesuburan, dan proses persalinan, dapat mengunjungi Almira Medika untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami di:

  • 0812-1661-4636

Atau Anda bisa langsung kunjungi Almira Medika di Jl. Sedati Agung No. 73, Sidoarjo