Kenapa Vitamin Antenatal Penting Bagi Ibu Hamil?

Wanita hamil harus mengonsumsi vitamin antenatal untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi saat hamil. Selain itu, mengonsumsi vitamin antenatal membantu meminimalkan risiko penyakit pada ibu hamil dan bayi.

Pada dasarnya, makan makanan bergizi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Namun nutrisi yang diperoleh dari makanan terkadang tidak mencukupi, terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan nutrisi lebih dari biasanya. Oleh karena itu, ibu hamil memerlukan asupan tambahan vitamin antenatal yang bervariasi, terutama vitamin yang biasanya dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.


Macam-macam Vitamin Antenatal

Vitamin Antenatal adalah campuran vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan bayi baru lahir sebelum, selama, dan setelah kehamilan untuk menjaga kesehatan. Vitamin antenatal sering kali mengandung bahan-bahan utama berikut:

  • Kalsium
    Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang, gigi, serta kesehatan saraf dan otot pada bayi baru lahir. Wanita hamil juga harus mengonsumsi kalsium yang cukup untuk mencegah pengeroposan tulang dan melancarkan sirkulasi darah. Inilah sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium setiap hari. Kalsium dapat diperoleh melalui makanan atau suplemen, seperti kalsium laktat.

  • Vitamin A
    Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, termasuk pembentukan mata, telinga, anggota badan, dan jantung. Namun kelebihan vitamin A juga berbahaya karena dapat menyebabkan kelainan lahir pada bayi baru lahir. Vitamin prenatal mengandung vitamin A yang aman dikonsumsi ibu hamil dengan dosis harian 770 mcg.

  • Asam folat
    Asam folat merupakan salah satu vitamin B, terutama vitamin B9, yang banyak ditemukan pada suplemen dan beberapa jenis makanan. Asam folat berperan penting dalam menghindari kelainan kelahiran seperti spina bifida, anencephaly, dan encephalocele. Wanita hamil sebaiknya mengonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat setiap hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan.

  • Zinc
    Zinc adalah mineral yang termasuk dalam vitamin prenatal yang meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan janin. Wanita hamil yang kekurangan zinc lebih mungkin memiliki anak dengan keterlambatan perkembangan, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur. Asupan zinc yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah 11 miligram per hari.

  • Zat besi
    Wanita hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 27 mg zat besi setiap hari. Pasalnya, zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan janin. Kekurangan zat besi pada ibu hamil meningkatkan risiko kelahiran prematur atau memiliki anak dengan berat badan lahir rendah.

  • Vitamin B Kompleks
    Vitamin B kompleks mencakup beragam vitamin B, mulai dari vitamin B1 hingga vitamin B12. Vitamin B memiliki berbagai manfaat kehamilan, termasuk menyehatkan mata, kulit, tulang, otot, dan saraf janin. Wanita hamil dapat menggunakan vitamin B kompleks untuk meminimalkan risiko preeklamsia dan masalah kehamilan lainnya.

  • Vitamin C dan E
    Selain vitamin di atas, ibu hamil juga harus mengonsumsi vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin ini biasanya diberikan bersamaan karena keduanya berfungsi sebagai antioksidan. Kedua vitamin ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan memproduksi kolagen yang dibutuhkan untuk membentuk tulang, tulang rawan, dan tendon.

  • Vitamin D
    Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian suplemen vitamin D pada ibu hamil dapat membantu menghindari preeklamsia, meningkatkan fungsi saraf janin, dan meningkatkan penyerapan kalsium. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 1000 IU vitamin D setiap hari, baik dari makanan maupun suplemen.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk cek kesehatan kandungan, info atau saran seputar kesuburan, dan proses persalinan, dapat mengunjungi Almira Medika untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami di:

  • 0812-1661-4636

Atau Anda bisa langsung kunjungi Almira Medika di Jl. Sedati Agung No. 73, Sidoarjo