Apakah Bisa Hamil Lagi Setelah Hamil di Luar Kandungan

Dimungkinkan untuk hamil lagi setelah mengalami kehamilan ektopik. Meskipun kehamilan ektopik meningkatkan kemungkinan kerusakan pada salah satu saluran tuba, hal ini dapat dihindari dengan pengobatan yang memadai. Beberapa kelainan atau situasi yang dapat membuat wanita lebih mungkin hamil di luar kandungan, antara lain radang saluran tuba, infeksi rahim (endometritis), radang panggul, dan penyakit menular seksual.

Selain itu, wanita lebih mungkin mengalami kehamilan ektopik jika memiliki riwayat kehamilan ektopik, menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), atau pernah menjalani operasi panggul atau perut, termasuk operasi caesar.

Kehamilan di luar kandungan seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari kondisinya. Kehamilan ektopik biasanya menunjukkan gejala di akhir kehamilan atau ketika timbul kesulitan, seperti pecahnya tuba falopi, tekanan darah rendah secara tiba-tiba, dan pendarahan hebat. Gangguan ini sangat serius dan harus segera ditangani oleh dokter. Dokter dapat menangani kehamilan ektopik dengan pembedahan atau dengan menyuntikkan obat seperti metotreksat.

 

Apakah Ada Risiko dan Efek Hamil di Luar Kandungan Terhadap Kesuburan

Normalnya, sel telur yang telah dibuahi oleh sperma (ovum) dibawa ke rahim dan menempel pada dindingnya. Namun, sel telur janin dapat menempel pada jaringan lain, sehingga menyebabkan kehamilan ektopik.

Kebanyakan kehamilan ektopik terjadi di saluran tuba. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada saluran tuba dan jaringan di sekitarnya. Jika salah satu atau kedua saluran tuba rusak, dokter harus melakukan pembedahan untuk memperbaiki atau mengangkatnya.

Menghapus kedua saluran tuba mungkin membatasi kesuburan seorang wanita. Selain itu, pertumbuhan jaringan parut di saluran tuba dapat mengganggu kesuburan setelah kehamilan ektopik. Wanita yang sebelumnya pernah mengalami kehamilan di luar kandungan, bisa saja mengalaminya kembali pada kehamilan berikutnya.

 

Apa Upaya Memiliki Keturunan Setelah Hamil di Luar Kandungan

Ketika kondisi Anda sudah dinyatakan aman untuk hamil kembali dan Anda siap untuk memulai program hamil lagi, usahakan untuk sering melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Peluang Anda untuk hamil meningkat ketika Anda melakukan hubungan intim tanpa kondom pada masa subur, yaitu beberapa hari sebelum dan saat ovulasi.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk cek kesehatan kandungan, info atau saran seputar kesuburan, dan proses persalinan, dapat mengunjungi Almira Medika untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami di:

  • 0812-1661-4636

Atau Anda bisa langsung kunjungi Almira Medika di Jl. Sedati Agung No. 73, Sidoarjo